-->

Pengertian Ekosistem Buatan Contoh Ciri Terlengkap

Pengertian Ekosistem Buatan, Contoh dan Ciri – Ekosistem adalah interaksi yang terjadi antara sebuah komponen biotik dengan komponen abiotik. Ada Beragam ekosistem yang dapat anda temukan di alam. Keberagaman ini biasanya dipengaruhi oleh struktur atau komposisi dari komponen abiotik. Meskipun komponen abiotik bukanlah komponen hidup akan tetapi komposisi komponen abiotik dalam sebuah ekosistem paling menilai sebuah komponen biotik hidup yang bisa bertahan hidup. Pemanfaatan fauna atau tanaman tertentu dalam sektor pangan atau industri menciptakan permintaan terhadap sebuah spesies organisme di alam menjadi meningkat. Jika selalu mengandalkan dari alam, maka permintaan ini takkan terpenuhi

Ekosistem Buatan

Pengertian Ekosistem Buatan
Pengertian Ekosistem Buatan

Mengingat sebuah kompetisi yang sering terjadi di alam akan lebih kejam. Dengan alasan tersebut, maka manusia membuat suatu penangkaran atau disebut budidaya yang merupakan ekosistem buatan untuk mengembangbiakan spesies tersebut dalam jumlah yang sangat banyak tanpa perlu khawatir terjadinya persaingan antara berbagai macam spesies di alam

Manfaat bisa diambil dari pembuatan ekosistem buatan ialah selain bisa memenuhi kebutuhan setiap manusia juga bisa melestarikan sebuah kehidupan organisme tertentu

Hal ini di karenakan, dengan adanya ekosistem yang diciptakan oleh manusia akan bisa mendatangkan organisme – organisme tertentu atau baru agar bisa berinteraksi dalam ekosistem tersebut.

Pengertian Ekosistem Buatan


Yang dimaksud ekosistem buatan adalah sebuah ekosistem yang sengaja dibuat dengan bantuan tenaga manusia, segala komponen abiotik dan biotiknya sebagian merupakan ikut campur dari manusia, sehingga akan memiliki keragaman yang terbatas jika dibanding dengan ekosistem alami.

Tujuan manusia membuat ekosistem buatan ialah untuk beberapa hal, antara lain:

1. Untuk Memenuhi Kebutuhan

Ketika Meningkatnya populasi manusia maka berdampak pada kebutuhan hidupnya yang semakin tinggi. Berbagai macam kebutuhan manusia mulai dari sandang, pangan, dan papan didapat dari alam.

Jika manusia hanya mengandalkan ekosistem alami maka bisa terjadi ketidak seimbangan ekosistem yang berakibat menurunnya spesies tertentu.

Maka dari itu, Dengan membuat ekosistem buatan maka bisa memenuhi kebutuhan manusia terhadap suatu spesies yang dibutuhkan tanpa merusak ekosistem alami.

2. Sebagai Hiasan Dan Sarana Belajar

Beberapa orang memanfaatkan ekosistem sebagai suatu dekorasi baik dalam sebuah ruangan tertutup atau terbuka. urusan ini bisa dijadikan sebagai sumber belajar dengan mengenalkan sejumlah flora atau hewan melalui ekosistem buatan.

3. Pelestarian

Menurunnya sebuah populasi organisme atau meningkatnya kehancuran suatu ekosistem dampak aktivitas insan harus segera di tanggulangi dengan salah satunya menciptakan ekosistem buatan. Dengan meluangkan atau menciptakan suatu distrik menjadi sebuah habitat yang layak untuk suatu organisme bisa menjadi upaya guna melestarikan makhluk hidup terhadap kepunahan serta membetulkan lingkungan hidup organisme.

Jenis - Jenis Ekosistem Buatan

Seperti halnya ekosistem alami, ekosistem buatan dapat dikelompokkan menjadi dua macam menurut lokasinya yaitu darat dan perairan. Meskipun ekosistem buatan ialah ekosistem yang diciptakan oleh manusia, tetapi interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem di dalamnya tidak bisa dikendalikan seutuhnya oleh manusia. Masuknya organisme beda (dari alam) akan meningkatkan kekayaan komponen biotik di dalam ekosistem. Di samping itu, hal alam laksana cahaya, suhu, udara, pun mempengaruhi perkembangan sebuah ekosistem buatan.



1. Ekosisem Buatan Air


A. aquarium

Merupakan ekosistem buatan yang menghadirkan sebanyak biota laut dengan destinasi sebagai dekorasi atau lokasi rekreasi. dalam menciptakan ekosistem jenis ini pasti harus menyesuaikan dengan komponen abiotik yang sesuai untuk komponen biotiknya. sehingga bilamana kita merawat bintang laut dalam aquarium maka kadar garam dalam airnya mesti dicocokkan dengan air dimana bintang laut tersebut hidup (laut).

B. Kolam

Lain halnya dengan aquarium, kolam seringkali dibuat guna budidaya ikan air tawar laksana lele, gurame, ikan mas, dan beda – lain. Permintaan yang tinggi bakal konsumsi ikan jenis air tawar ini mesti dibuatkan ekosistem khusus guna upaya pelestarian dan pemenuhan keperluan manusia. Adapun misal lain dari ekosistem buatan di air merupakan tambak, waduk, bendungan, dan beda sebagainya.


2. Ekosistem Buatan Darat


a. Agroekonomi

Ekosistem ini didominasi dengan tanaman – tanaman pemenuhan pangan laksana padi, jagung, singkong, tebu, kopi, lada, dan beda – lain. Meski demikian, tidak sedikit pula organisme – organisme asing yang masuk ke dalam ekosistem ini barangkali sebgai tumbuhan atau fauna pengganggu. Contoh daro ekosistem yang termasuk agroekosistem ialah: sawah, ladang, dan kebun.

b. Hutan buatan

Hutan buatan adalah ekosistem buatan yang dengan sengaja menumbuhkan tanaman – tanaman berkayu yang sering dipakai untuk memenuhi keperluan seperti jati, pinus, dan beda – lain. Industri properti serta kerta adalah salah satu industri dengan permintaan kayu yang paling tinggi. Dengan cara membuat ekosistem buatan berupa hutan buatan maka permintaan yang banyak terhadap kayu bisa terpenuhi tanpa merusak hutan asli. Manfaat beda dari hutan buatan merupakan menjadi habitat untuk organisme lain, sampai-sampai dapat melestarikan kehidupan organisme lainnya.

Ciri-Ciri Ekosistem Buatan


Ekosistem buatan memiliki sebuah ciri tersendiri daripada ekosistem alami, urusan ini diakibatkan karena adanya kegiatan manusia yang mendominasi dalam keberlangsungan ekosistem buatan tersebut.

1.    Berdekatan dengan pemukiman

Ciri ekosistem buatan yang kesatu yakni dekat dengan pemukiman, urusan ini sengaja dilakukan supaya lebih mempermudah dalam mengontrol dan mengelola.
Contoh Ekosistem Buatan :

A. Pekarangan rumah
B. Tambak ikan
C. Persawahan

2.    Tertata dengan baik

Ciri ekosistem buatan yang kedua yaitu teratur dengan baik, contohnya terlihat perkebunan masyarakat. Jenis tumbuhan apapun yang ditanam bakal terlihat seragam pada tingkatan umur tumbuhan dan mempunyai jalur penanaman yang sama.

 Contoh :
A. Hutan tumbuhan jati
B. Kebun kelapa
C. Kebun pisang dan lain-lain

3.    Dibuat untuk keperluan tertentu

Ciri ekosistem buatan yang ketiga yaitu diciptakan untuk keperluan tertentu. Kebutuhan masing-masing orang berbeda-beda, kadang apa yang orang beda butuh, orang beda tidak membutuhkannya, demikian pula sebaliknya.

 Contoh :
A. Aquarium
B. Kolam ikan

Aquarium dan empang ikan adalah ekosistem buatan yang diciptakan karena kegemaran dan meningkatkan keindahan sebuah ruangan atau lokasi tinggal tempat tinggal. Pada dasarnya setiap insan membutuhkan sebuah keindahan, tetapi hal memerlukan untuk mendapat keindahan itulah berbeda-beda. Ada yang menyenangi aquarium atau empang ikan dirumah guna mendapatkan nilai keindahan dan terdapat yang tidak memerlukan aquarim tetapi format hal lain guna menambahkan keindahan sebuah ruangan.


Itulah Pengertian Ekosistem buatan serta contoh ekosistem buatan dan ciri - ciri ekosistem buatan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda

Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa baca artikel yang lainnya

0 Response to "Pengertian Ekosistem Buatan Contoh Ciri Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel